Cara Gampang Mencar Ilmu Microsoft Excel

Sebelum kita mempelajari lebih jauh tentang Microsoft Excel, ada baiknya kita tahu doloe tentang :
1. Apa itu kegiatan Ms Excel?
2. Apa saja kegunaan kegiatan Ms Excel?

oke pribadi saja, Microsoft Excel adalah 
sebuah kegiatan aplikasi yang dibentuk perusahaan MICROSOFT yang meliputi lembar kerja spreadsheet.

Microsoft excel biasanya kita gunaan untuk hal-hal menyerupai diberikut:
1. Kalkulasi dan pembuatan grafik 
Kalkulasi data dari hasil (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pertolongan, serta banyak sekali variasinya), begitu juga pembuatan grafik. contoh: (grafik tingkat kelulusan siswa, grafik tingkat pendapatan karyawan di jogja, grafik perkembangan jumlah penduduk dll)
2. Dalam bidang akuntansi
Membuat rekapitulasi keuangan, menghitung rugi/laba, penghasilan karyawan suatu perusahaan dll
3. Membuat kegiatan pelajaran
4. Membuat presensi siswa serta database sekolahan

melihat begitu banyak manfaat dari kegiatan ms excel, agus akan membuatkan beberapa ilmu tentang rumus-rumus yang ada di ms excel, silahkan mengikuti.....


Memulai memakai Word 2007

Untuk memualai kegiatan Ms Excel 2007 sanggup dilakukan dengan langkah sebagai diberikut :
1). Klik sajian START pada taskbar
2). Klik All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Excel 2007

Rumus-rumus yang akan saya bahas diantaranya:
A. SUM
B. MAX
C. MIN
D. AVERAGE
E. IF
F. RANK
G. COUNT IF
H. SUM IF
I. VLOOKUP

*** penting :
@ Dalam kegiatan ms excel untuk memasukkan rumus selalu dipertamai dengan tanda sama dengan "="

@  Dalam kegiatan ms excel kita juga harus tahu tentang sell dan alamat cell

   Cell ialah bab terkecil dari kegiatan Ms Excel
   Pada gambar di atas, Cell tersebut berada pada alamat B4 (Colom B, Baris ke 4)


Oke gan, ayo kita mulai kupas, satu persatu

A. SUM
Sum ialah rumus yang dipakai untuk "Menjumlahkan"
cara penerapannya :


B. MAX
Max ialah rumus yang dipakai untuk "Mencari Nilai Tertinggi"
cara penerapannya :

C. MIN
Min ialah rumus yang dipakai untuk "Mencari Nilai Terendah"
cara penerapannya :

D. AVERAGE
Average ialah rumus yang dipakai untuk "Mencari Nilai Rata-rata"
cara penerapannya :

E. IF
If ialah rumus yang dipakai untuk menampilkan sebuah pesan dengan sebuah syarat tertentu,


Ex : Saya akan memunculkan pesan "lulus"  dengan syarat nilai rata rata dari siswa harus lebih besar atau sama dengan  70, sedangkan jikalau syarat tidak terpenuhi maka pesan yang akan muncul adalah "tidak lulus"

E. RANK
Rank ialah rumus yang dipakai untuk mencari ranking dari sebuah daftar nilai siswa
Coba diperhatikan pada rumus diatas, pada setiap rumus nya abjad " E5:E7 " tidak berubah, sehingga dikala kita ingin menarikdanunik rumus nya supaya tidak kerja beberapa x, kita sanggup mengubah rumus rangkingnya andi menjadi   
=rank(E5,E$5:E$7) Sesudah itu tinggal ditarik deh kebawah .......  Selesai
terus apa kegunaan tanda $, tanda $ digunakan untuk memilih nilai mutlak, atau mengunci cell supaya tidak berubah ubah walaupun kita tarik...

F. COUNT IF
Count if ialah rumus yang dipakai untuk menjumlahkan data dengan syarat tertentu
Ex: saya akan mencari, tentang berapa jumlah buah apel, buah jeruk, (belimbing + duku), kalau saya budi rumus tersebut adalah, menjumlahkan data antara alamat cell b5 hingga dengan alamat cell b11 dengan syarat nama sesuai dengan yang tercantum

G. SUM IF
Sum if ialah rumus yang dipakai untuk menjumlahkan data angka dengan syarat tertentu


G. VLOOKUP
Vlookup  ialah rumus yang dipakai untuk mengkopi data dari database secara vertikal

penjelasan satu teladan rumus diatas
ex :      =VLOOKUP(A15,A5:E7,2)
A15 = Data yang akan diubah ubah (antara angka 1 samapi dengan 3)
A5:E7 = Data base yang diseleksi tiruananya
2 = Colom kedua dari data base yang diseleksi


demikian tutorial yang sanggup agus sampaikan, agar sanggup dipahami dan bermanfaa, kalau masih ada yang dibingungkan sanggup di tanyakan di komentar....
ok saya tunggu komentar nya ya.... selamat mencoba













0 Komentar untuk "Cara Gampang Mencar Ilmu Microsoft Excel"

Back To Top