Soal Managemen SDM
1.Dalam menekan biaya produksi dan meningkatkan efisiensi, beberapa perusahaan sudah
menerapkan sistem outsourcing tenaga kerja.
a. Berikan pandangan anda wacana sistem outsourcing tenaga kerja.
b. Apa saja keunggulan dan kelemahan sistem tersebut.
c. Dikaitkan dengan kekerabatan industrial, bagaimana status sistem outsourcing tersebut.
2. a.Bagaimanakah kekerabatan antara MSDM dengan seni administrasi perusahaan? Berikan
pandangan anda.
b.Pengembangan SDM (Sofo, 1999) diartikan sebagai peningkatan kualitas SDM
melalui pendidikan dan tes. Lebih lanjut oleh Greenhaus (1987) pengembangan
SDM diperluas dengan pengembangan karier.
Berikan pandangan anda terhadap konsep pengembangan SDM yang dicetuskan oleh
Sofo dan Greenhaus tersebut.
3. Setiap manajer ialah manajer SDM, oleh alasannya ialah itu setiap manajer harus memahami
keadaan individu karyawan yang ada dalam perusahaan/organisasi, terutama
perbedaan pendapat atau konflik antar individu yang dialami oleh karyawan yang akan
menyebabkan stress bagi karyawan tersebut.
a. Bagaimana masukan manajer SDM terhadap karyawan untuk menetralisisr keadaan
tersebut?
b. Faktor-faktor lain apa saja yang menimbulkan stress karyawan?
4. Dalam perkembangannya kiprah Manajemen SDM sudah banyak bergeser dari peran
tradisional menjadi kiprah yang moderat.
a. Apa yang dimaksud dengan pergeseran kiprah tersebut?
b. Berikan ilustrasi dari kiprah tradisional ke kiprah moderat
5. Banyak perusahaan menghubungkan antara kinerja karyawan dengan kompesasi yang
diterimanya. Bagaimana keterkaitannya antara kinerja karyawan dan kompensasi atau
imbalan, diberikan pandangan anda.
Jawaban Soal Manajemen SDM
- a.Outsourcing ialah bentuk pemberdayaan SDM dari eksternal perusahaan melalui suatu perusahaan pengelola yang bertujuan untuk meningkatkan efsiensi dan memperkecil harga pokok produk, alasannya ialah biaya tenaga kerja ialah unsur faktor produksi atau cost of production. Penggunaan sistem ini semakin praktir dan efektif terutama bagi perusahaan yang ingin berserius terhadap line of business.
- Keunggulan :
1. Mengurangi cost production
2. Perusahaan tidak terlalu rumit mengurusi tenaga kerja, sehingga sanggup lebih serius pada perjuangan pokoknya.
3. Perusahaan tidak perlu investasi untuk membuatkan SDM.
4. Perusahaan memperoleh alih teknologi dari pemasok outsourcing.
Kelemahan :
1. Kemungkinan timbul kecemburuan sosial antara tenaga kerja perusahaan dengan tenaga kerja outsourcing.
2. Kerahasia perusahaan susah untuk dilindungi
3. Perusahaan dituntut mempunyai sistem monitoring dengan sistem outsourcing tenaga kerja.
- Apabila dihubungkan dengan kekerabatan industrial, sistem outsourcing secara aturan terlepas dari kekerabatan industrial, alasannya ialah status tenaga kerja tersebut ialah sebagai tenaga kerja dari perusahaan lain sehingga perusahaan pengguna outsourcing akan terbebas dari tuntutan apabila terjadi konflik.
- Kedua konsep tersebut memang benar dan perlu diterapakan dalam perusahaan, alasannya ialah pengembangan SDM tidak spesialuntuk dari pendidikan dan tes yang berusaha untuk meningkatkan ketrampilan manajerial dan teknis SDM saja, tetapi juga lebih penting ialah pengembangan karier yang mempunyai dampak terhadap pengembangan diri SDM dari sisi moril dan material. SDM memasuki organisasi mempunyai tujuan yaitu membuatkan diri dalam perusahaan dan ikut terlibat membuatkan perusahaan. melaluiataubersamaini demikian kedua pengembangan tersebut harus dilakukan untuk menyeimbangklan kewajiban dan harapan.
- A. Manajer harus sanggup mempersembahkan masukan atas konflik yang terjadi diantara karyawan tersebut. Solusi yang dimasukankan sesuai dengan prinsip-prinsip kepentingan dan kerjasama sehingga mempersembahkan hasil yang terbaik diantara karyawan itu sendiri.
a. Kompetisi
- Kolaborasi
- Penghindaran
- Akomodasi
- Kompromi
B. * Role ambiguity and role conflict (kekaburan kiprah dan konflik peran)
· Work overload (kelebihan beban kerja)
· Responsibility for people (tanggung tanggapan terhadap orang)
· Career development (pengembangan karier)
· Lack of group cohesiveness (kurangnya kohesi kelompok)
· Inadequate group support (dukungan kelompok yang tidak memadai)
· Organizational structure and climate (struktur dan iklim organisasi)
· Organizational territory (wilayah dalam organisasi)
· Tasks characteristics (karakter tugas)
· Leadership influence (pengaruh gaya kepemimpinan)
- Suatu pandangan yang sudah berubah dari kiprah MSDM sebagai konvesional yang berperan sebagai pencatat dan follower dalam acara operational dan bersifat pasif menunggu perkembangan perusahaan, menjelma leader dalam memilih kemajuan dan perkembangan perusahaan. Diasumsikan bahwa insan ialah penggagas dari unsur-unsur produksi sehingga berpena aktif dan terlebh lampau mempunyai inspirasi dan konsep yang akan menjadi landasan kerja perusahaan.
- Administratif -versus- strategi
Reaktif – versus-- proaktif
Terpisah dari acara perusahaan –versus-- penggalan kunci dari perusahaan
Fokus pada produksi --versus-- serius pada pelayanan
Fungsi organisasi berdasar kewenangan --versus-- proses dasar organisasi
Manusia sebagai biaya – versus -- Manusia sebagai insvetasi.
- Hubungan kinerja karyawan dan kompensasi atau imbalan, secara relatif susah diukur alasannya ialah keduanya besifat kualitas. Namun banyak perusahaan yang sudah mengukur kinerja karyawan dengan besar imbalan yang harus didiberikan kepada karyawan. Misal ukuran kinerja dihitung dari jumlah hasil produksi, hasil penjualan dan dihubungakan dengan level imbalan yang sudah ditentukan secara kuantitatif. Namun akan mengalami kesusahan apabila sudah bekerjasama dengan jenis pekerja lain yang tidak terukur.
Tag :
Serba-Serbi
0 Komentar untuk "Soal Jawab Administrasi Sdm"